Gelar Turnamen Catur, PB Percasi dan PT Japfa Comfeed Indonesia Mendapat Apresiasi Dari Kemenpora

JAKARTA, TJI – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mengapresiasi PB Percasi dan PT Japfa Comfeed Indonesia yang menggelar turnamen catur. Ajang tersebut diharap dapat melahirkan pecatur yang berkualitas.

Demikian disampaikan Plt Sesmenpora Jonni Mardizal saat menghadiri turnamen catur di Gedung Serbaguna Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (10/9). Ia berharap turnamen ini berjalan dengan lancar dan berlangsung sportif.

“Kemenpora sangat berterima kasih kepada PT Japfa yang telah membantu Percasi, menciptakan Atlet Catur yang berkualitas melalui programnya, diantaranya menggelar Japfa Chess Festival. Ini sungguh luar biasa,” kata Plt Sesmenpora.

Plt Sesmenpora menilai Percasi dan PT Japfa telah bekerja keras untuk membina olahraga di Tanah Air. Termasuk juga dalam mencari bakat hingga menciptakan prestasi.

“Tentu Kemenpora mengapresiasi atas usaha yang telah diberikan Percasi, begitu juga PT Japfa yang juga ikut membantu. Terima kasih atas kerja keras selama ini yang membina catur Indonesia,” ujar Plt Sesmenpora.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Bidang Pendidikan dan Penataran KONI Pusat, Alman Hudri. Dia berharap pihak swasta lainnya juga ikut bersama dalam kolaborasi memajukan olahraga di Tanah Air.

“KONI berharap ada perusahaan lain yang siap membantu PB Percasi, seperti yang telah dilakukan PT Japfa selama 24 tahun,” jelas Alman.

Menurutnya, semakin banyak perusahaan yang membantu cabang olahraga, maka akan semakin banyak atlet berkualitas yang akan lahir. “Semoga akan banyak perusahaan lain yang ikut berkontribusi,” sambung Alman.

Sementara itu Direktur Corporate Affairs Japfa, Rachmat Indrajaya mengaku akan berjanji selalu siap membantu berbagai kegiatan yang diselenggarakan PB Percasi. “Doakan kami agar selalu bisa membantu,” jelasnya.

Sebagai informasi, Japfa Chess Festival sudah terselenggara untuk ke-12 kalinya. Turnamen ini terselenggara dengan menerapkan protokol kesehatan. Acara yang diikuti 520 pecatur dari 22 provinsi ini berlangsung 10-14 September 2022.

Selain mempertandingkan 12 kategori, event catur kali ini diramaikan dengan pertandingan antara IM Mohammad Ervan berhadapan GM Darwin Layla dari Filipina, serta IM Medina Warda Aulia melawan WGM Gong Qianyum dari Singapura.

Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto mengatakan, event catur yang bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 merupakan hasil kerjasama pihaknya dengan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk yang ke 24 tahun.

“Saya bersyukur PT Japfa tetap setia mendukung PB Percasi dalam melakukan pembinaan atlet mulai level bawah hingga tingkat internasional,“ kata Utut.

Utut menambahkan, saat ini sudah banyak pecatur muda berkualitas yang lahir atas turnamen yang digelar oleh PT Japfa. “Saya memperkirakan dua sampai tiga tahun ke depan akan lahir lagi lima Grand Master muda di Indonesia,” pungkas Utut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *