Antisipasi Cuaca, Menpora Amali Akan Kuatkan Koordinasi Agar Pelaksanaan Event F1Powerboat Danau Toba 2023

Toba – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan akan ada rekayasa cuaca saat penyelenggaraan F1Powerboat Danau Toba 2023. Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dilakukan guna mencegah hujan turun saat ajang kelas dunia tersebut berlangsung. 

Menpora Amali menerangkan rekayasa cuaca itu akan dilakukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Menpora Amali bilang upaya ini digunakan agar pelaksanaan berjalan dengan aman dan nyaman. 

“Jadi begini, nanti BRIN dan BMKG akan melakukan persiapan-persiapannya, dan itu dilakukan saat acara-acara besar, terakhir seperti di G20,” kata Menpora Amali usai meninjau venue utama F1Powerboat Danau Toba 2023 di Lapangan Sisingamangaraja, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu (15/2). 

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan akan ada rekayasa cuaca saat penyelenggaraan F1Powerboat 2023 Danau Toba. Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dilakukan guna mencegah hujan turun saat ajang kelas dunia tersebut berlangsung.

Menpora Amali menerangkan, kementerian/lembaga terkait akan terus berupaya dan menguatkan koordinasi agar pelaksanaan event F1Powerboat sukses.

“Saya kita semuanya kerja sama ya, kita berusaha agar bagaimana orang yang nonton ini merasa nyaman dan terlayani dengan baik. Jadi nanti diperkirakan semoga tidak hujan,” jelas Menpora Amali.

Lebih lanjut, Menpora Amali menuturkan sebelum pelaksanaan F1 Powerboat, bakal ada dilakukan test event terlebih dahuli. Waktunya, kata Menpora Amali adalah H-2. “Yang helas H-2 ada test event disini,” kata Menpora Amali.

Sebelumnya, Bupati Toba Poltak Sitorus mengutarakan ada beberapa hal teknis yang harus dilakukan sebelum event berlangsung. Misalnya kapal-kapal yang bersandar yang berdekatan dengan venue.

“Kita sudah pindahkan itu ke (kawasan) Lumban Gaol, termasuk juga kapal para pedagang. Sampah-sampah yang masih ada di area venue akan segera dibersihkan,” pungkas Poltak.

Ikut hadir Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo R.M. Manuhutu, Kadispora Sumut Baharuddin Siagian dan sejumlah pejabat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *