Heboh! Bupati Kabupaten Bandung Barat Ditagih Utang Rp 25 Juta oleh Pensiunan PNS, Aa Umbara Mengaku Lupa

Bandung, TJI – Bupati Kabupaten Bandung Barat Aa Umbara Sutisna ditagih utang sebesar Rp 25 juta lewat secarik kertas. Kertas tagihan tersebut beredar di sejumlah Whats App (WA) Group pada Kamis (31/10/2019).


Foto surat tagihan utang sebesar Rp.25.000.000 yang ditujukan kepada Bupati Bandung Barat dari pensiunan pejabat PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat beredar di WhatsApp Group (WAG), Kamis (31/10/2019).

Bahkan, foto tersebut juga beredar di WAG milik wartawan. Surat tagihan tersebut ditulis dengan menggunakan bahasa Sunda dan ditandatangani oleh pensiunan Kepala Bidang Pengairan Dinas PUPR Kabupaten Bandung Barat, Tanwar Sarifudin ST. Dalam surat tersebut, Tanwar mengingatkan Aa Umbara bahwa sang Bupati pernah meminjam uang kepadanya sebesar Rp 25 juta.Berdasarkan informasi, saat itu Tanwar mengaku masih menjabat sebagai Kepala UPT Pengairan Kecamatan Lembang.

Begini penggalan isi surat tagihan tersebut: “Aa punten pisan abdi teh seja ngemutan ka Aa, kapungkur abdi masih kepala UPTD di Lembang Aa gaduh kapiat ka abdi seueurma Rp 25.000.000,- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah) eta mah nyeubatna Aa nambut, artosna disanggakeun ka ibu di bumi, nyeubatna Aa bade ka Jakarta.”

Dalam bahasa indonesia seperti ini : “Aa mohon maaf sekali saya bermaksud mengingatkan ke Aa, dulu waktu saya masih kepala UPTD di Lembang, Aa punya utang ke saya sebesar Rp25.000.000,- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah) itu Aa bilangnya kalau Aa pinjam, uangnya diserahkan ke istri di rumah (rumah Aa Umbara di Lembang) katanya Aa mau ke Jakarta,” tulis Tanwar dalam surat tersebut.

Tanwar melanjutkan, uang yang diserahkan ke istri Aa Umbara berasal dari pinjaman di Bank BJB. Dia pun menjelaskan bahwa uang sebesar Rp 25 juta itu murni pinjaman pribadi Aa Umbara dan tidak ada kaitanya dengan proyek apapun.

Lantaran sudah pensiun dan membutuhkan uang. Tanwar pun memberanikan diri meminta uang tersebut. Bahkan, pada akhir surat dia menyertakan nomor rekening Bank BJB atas nama Tanwar Sarifudin.

Tanwar berharap, Aa Umbara segera mengembalikan uang pinjaman itu dengan cara ditransfer ke nomor rekening yang disertakan dalam surat. “Artosna abi kenging nambut ti Bank BJB etamah estu Aa nambut ka abi teu aya kaitan sareng proyek ayeuna abdi atos pensiun peryogi pisan.”

Dalam bahasa indonesia sebagai berikut : “Uangnya saya boleh pinjam dari Bank BJB. Itu mah betul-betul Aa pinjam dari saya, tidak ada kaitannya dengan proyek. Sekarang saya sudah pensiun, sangat butuh uang,” tulisnya.

Saat dikonfirmasi, Bupati Bandung Barat Aa Umbara mengaku belum menerima fisik surat yang tersebar di WA Group tersebut. “Belum lihat surat aslinya,” aku Aa Umbara.

Aa Umbara mengaku lupa punya utang Rp 25 juta kepada Tanwar. Untuk itu, dia mempersilakan Tanwar datang menemuinya secara langsung agar duduk persoalan hutang piutang tersebut lebih jelas dan tidak menjadi fitnah.

Menurut Aa Umbara, besar kemungkinan utang tersebut terjadi saat dirinya menjabat sebagai Ketua DPRD Bandung Barat. “Silakan datang ke kantor, bicarakan. Mungkin saya lupa. Kalau punya itikad baik, kantor dan rumah saya jelas. saya enggak akan kemana-mana,” katanya. **TJI**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *