Kedatangan Rombongan Delegasi Indonesia Setelah Menghadiri ICYSM, Disambut Langsung Oleh Konjen RI Jeddah Eko Hartono

JEDDAH, TJI – Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Eko Hartono menyambut kedatangan rombongan delegasi Indonesia yang akan mengikuti the Fifth Session of the Islamic Conference of Youth and Sports Ministers (ICYSM) di Jeddah, Arab Saudi, Selasa (6/9) waktu setempat.

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan dan Olahraga (Kemenpora), Prof. Dr. Faisal Abdullah mewakili Menpora Zainudin Amali memimpin delegasi yang akan mengikuti kegiatan 7-9 September 2022 mendatang.

“Saya selaku Konjen RI di Jeddah tentu saja sangat menyambut baik dan sangat mendukung keikutsertaan delegasi RI pada sidang Menteri Pemuda OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) di Jeddah kali ini,” kata Eko Hartono saat menyambut kedatangan rombongan delegasi Indonesia.

Eko Hartono menilai keikutsertaan Indonesia dalam kegiatan ICYSM ini merupakan sesuatu yang sangat positif untuk mendorong pertukaran pengalaman dan pertukaran pendapat antara negara-negara anggota OKI untuk memajukan olahraga.

“Kita tahu bahwa untuk olahraga ini memang prestasi negara-negara OKI masih perlu peningkatan. Nah saya kira partisipasi Indonesia di sini sangat penting, sangat perlu didukung. Karena kita juga ingin meningkatkan kerjasama di bidang olahraga antara Indonesia dan negara-negara OKI,” ucapnya.

Tidak hanya di bidang olahraga, Eko Hartono menyebutkan, keikutsertaan dalam kegiatan ini juga dapat meningkatkan pembangunan dan kerja sama di bidang kepemudaan. Sebab, menurutnya, kepemudaan merupakan salah satu unsur masyarakat yang perlu didorong partisipasinya.

“Karena itu, sekali lagi keikutsertaan pada sidang pemuda dan olahraga ini untuk meningkatkan pengalaman dan pertukaran pendapat antara negara negara OKI untuk memajukan kerjasama di bidang kepemudaan dan olahraga,” tukasnya.

Pasalnya, Eko menilai di zaman yang serba digital ini, peran pemuda merupakan suatu hal yang sangat penting. Bukan hanya di Indonesia, tapi seluruh dunia termasuk negara-negara OKI. Dengan demikian, semua negara anggota OKI mendorong partisipasi pemuda agar mereka bisa lebih hebat, lebih bagus lagi, bisa mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain.

“Jadi partisipasi pemuda itu sangat penting di berbagai sektor apakah di lingkungan, pencegahan narkoba, terorisme, olahraga jelas terkait dengan pemuda, ekonomi itu sangat terkait startup, untuk fintech Itu motornya adalah generasi muda. Jadi bagaimana kemudian generasi muda di negara-negara OKI ini bisa saling bekerja sama meningkatkan tukar menukar pengalaman mereka. Saya berharap keikutsertaan Indonesia ini justru meningkatkan partisipasi Indonesia di kalangan oki terutama di sektor Pemuda dan Olahraga,” harapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan ini, Head of Delegation Indonesia dalam rombongan ini, Prof. Dr. Faisal Abdullah mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari Konjen dan jajaran KJRI Jeddah. Acara ini kemudian diakhiri dengan penyerahan plakat penghargaan dari Head of Delegation mewakili Menpora Zainudin Amali dan delegasi RI kepada Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah Eko Hartono.

Turut hadir dalam rombongan Indonesia antara lain, Sekretaris Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Esa Sukmawijaya dan Asisten Deputi Peningkatan IPTEK dan IMTAQ Pemuda, Amar Ahmad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *