Sepak Bola Liga Jerman Kembali Bergulir Namun Menjadi Dilema Bagi Supporter

Kembali bergulirnya kompetisi sepak bola Jerman, Bundesliga, pada akhir pekan ini menjadi kabar baik namun menjadi sebuah dilema bagi para suporter. Pasalnya, sesuai aturan yang ditetapkan otoritas setempat, seluruh pertandingan digelar tanpa kehadiran penonton. Sejak jauh hari, para suporter pun sudah diperingatkan untuk tidak datang ke stadion. Pihak otoritas Jerman bahkan tak segan menghentikan pertandingan jika ada terlalu banyak suporter yang nekat datang ke area luar stadion. Kekhawatiran ini muncul seiring laga akhir pekan ini yang salah satunya mempertemukan peringkat ketiga, RB Leipzig, melawan Freiburg, Sabtu (16/5). Laga ini bahkan mendapat perhatian khusus dari Menteri Dalam Negeri Jerman, Roland Woeller.

“Fans tidak boleh menjadikan laga yang berlangsung tertutup sebagai alasan untuk berkumpul di depan stadion atau di manapun. Ini bisa membuat laga dihentikan,” sebut Roland Woeller, seperti dikutip The42. Kekhawatiran Woeller cukup beralasan jika melihat kondisi yang terjadi di laga antara Borussia Moenchengladbach melawan Koeln pada 11 Maret silam. Laga terakhir sebelum Jerman melakukan Lockdown itu dipenuhi oleh ratusan suporter di area stadion. Sebab, saat itu pertandingan sudah berlangsung tanpa kehadiran penonton. Langkah antisipasi memang sudah dilakukan. Salah satunya membuat tim tuan rumah harus bertanggung jawab untuk menghalau suporter yang ingin memberikan dukungan dari jauh. Selain itu, untuk mengurangi minat suporter mendatangi stadion, pihak pemegang hak siar pertandingan pun bersedia menyiarkan secara gratis. Hal ini juga dilakukan untuk mengurangi minat suporter mengunjungi bar yang menyediakan fasilitas siaran pertandingan secara langsung. Upaya persuasif juga sudah dilakukan sejumlah manajemen klub. Mereka sudah melakukan pertemuan dengan perwakilan fans untuk meminta tidak ada yang nekat datang ke stadion saat pertandingan nanti. “Kami sudah berbincara dengan banyak fans kami dan berkata,’Tolong dengarkan, jangan datangi stadion’,” ucap Direktur Olahraga Eintracht Frankfurt, kepada ESPN.

Well, semua upaya agar suporter tidak nekat datang ke stadion memang sudah dilakukan. Tapi, hal itu tetap tidak bisa 100 persen menjamin tak ada suporter yang mendatangi stadion meski sejumlah ancaman sudah menanti.(TJI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *