Diduga Melanggar Aturan dan Merusak Tatanan KBU, Proyek Perluasan Perumahan Dago Terus Berjalan, Kenapa?

Bandung, TJI – Proyek perluasan perumahan diwilayah Dago, Kecamatan Cimenyan yang jelas termasuk Kawasan Bandung Utara (KBU), di nilai tidak sesuai peruntukan dan diduga melenggar aturan serta sangat membahayakan lingkungan. Padahal pembangunan KBU harus sesuai Zonasi dan diatur Perda No 2 Tahun 2016, yakni, pembangunanya harus melalui kajian-kajian dan harus mengedepankan dampak lingkungan, karena wilayah tersebut menjadi bagian wilayah sesar lembang yang rentan bencana.

Apalagi, Kawasan Bandung Utara (KBU) yang sudah sejak lama ditetapkan sebagai daerah resapan air, namun kini kondisinya semakin memprihatinkan. Mengingat, saat ini pembangunan perumahan semakin masif dan tanpa pengawasan.

Tak sedikit pembangunan di area tersebut yang diduga melanggar dan diduga tidak memiliki izin atau tidak sesuai aturan. Namun, anehnya masih saja banyak yang membangun dan para pengembang seolah mengabaikan aturan serta seolah tidak memperdulikan dampak ataupun kerusakan yang terjadi pada lingkungan sekitarnya ataupun untuk wilayah Bandung sendiri, baik dampak dalam jangka Panjang ataupun jangka pendeknya.

Bahkan, banyak pihak yang protes dan mengecam akan pembangunan diwilayah itu. Akan tetapi, hingga saat ini protes warga dan berbagai kalangan masyarakat yang ada di Bandung seolah tidak dipedulikan, sehingga pembangunan terus berjalan dan semakin meluas.

Dan Proyek Perumahan Dago Resort KBU oleh PT. Bandung Pakar atau PT Dago Pakar yang berlokasi di Ciburial Kecamatan Cimenyan bisa disebut semakin meluas pembangunannya serta terus gencar melakukan pembetonan. Sehingga, lahan alami yang banyak di tumbuhi tanaman hijaupun kini mulai berganti lahan beton di ketinggian 1.112 meter diatas permukaan laut, yang jelas akan mengancam ekosistim lingkungan dan masyarakat sekitar.

Bahkan pernah juga naik di pemberitaan media Times Jurnalis Indonesia, serta beberapa media lainnya, diantara nya :

Lagi-lagi, KBU Terancam, Pemprov Jabar Harus Tegakan Aturan, Jangan Loyo! https://timesjurnalis.id/2021/02/12/lagi-lagi-kbu-terancam-pemprov-jabar-harus-tegakan-aturan-jangan-loyo/

Diduga Langgar Aturan Zonasi dan Ancam KBU, Pemrov Jabar Seolah Tutup Mata Terhadap Proyek Perum PT. Dago Pakar https://timesjurnalis.id/2021/02/18/diduga-langgar-aturan-zonasi-dan-ancam-kbu-pemrov-jabar-seolah-tutup-mata-terhadap-proyek-perum-pt-dago-pakar/

Setelah dikonfirmasi, pihak pengembang enggan menanggapi dan membalas surat konfirmasi yang dilayangkan oleh redaksi Media Times Jurnalis Indonesia. Hingga berita ini diturunkan, tidak ada jawaban ataupun tanggapan dari pihak pengembangnya.**AJS**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *