Forum RW, LPM, dan PKK Kelurahan Padasuka Cibeunying Kidul Laksanakan Vaksinasi untuk 1500 Warga

Bandung, TJI – Demi membantu program pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 dan membantu warga agar sehat serta terhindar dari virus Corona, Forum RW dan Lembaga Pemberdayaan Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung melaksanakan Vaksinasi untuk warga di Graha Emerald, Jalan Cimuncang. Selasa, (26 Oktober 2021).

Acara vaksinasi yang dilakukan secara swadaya oleh Forum RW dan LPM tersebut, merupakan periode ke-3 untuk vaksin dosis pertama. Dan melayani 1500 warga Padasuka dan sekitarnya. Mulai dari usia 12 sampai 17 tahun dan bagi warga yang berusia 18 tahun keatas.

Sedangkan untuk sumber dananya, mereka dapatkan dari sumbangan internal Forum RW dan LPM serta para donatur yang ada diwilayah Kelurahan Padasuka.

Lily Maulana, selaku Ketua Forum RW Kelurahan Padasuka dan Ketua Forum RW Kecamatan Cibeunying Kidul, mengatakan bahwa acara vaksin ini merupakan vaksin tahap ke-3 dan tahap pertama.

“Untuk kegiatan vaksin ini, kami fokuskan dan prioritaskan untuk warga Kelurahan Padasuka dari RW 01 sampai RW 16. Tapi tidak menutup kemungkinan juga diperuntukan bagi warga yang berdomisili di Kelurahan Padasuka, walaupun belum memiliki KTP atau identitas, namun yang penting berdomisili di Kelurahan Padasuka, pasti akan kami layani juga” kata Lily.

Lily Maulana yang juga merupakan Wakil Ketua DPD Jaga Lembur Kota Bandung, menuturkan, bahwa acara ini diselenggarakan oleh Forum RW bekerjasama dengan LPM Kelurahan Padasuka, selain itu berkolaborasi serta berkoordinasi dengan Camat Cibeunying Kidul, Lurah Padasuka dan Kepala Puskesmas Kelurahan setempat.

Lily berharap, dengan melaksanakan kegiatan vaksin ini Kelurahan Padasuka memiliki kekebalan tubuh terhadap Virus Corona dan terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh virus tersebut.

“Diharapkan warga Kelurahan Padasuka selalu sehat, dan harus selalu menjaga kesehatan, serta tanpa mengabaikan atau tetap mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan,” ujar Lily.

Lily pun mengucapkan terimakasih terhadap berbagai pihak, termasuk warga Padasuka yang sudah mendukung dan membantu terlaksananya acara tersebut.

“Kami atas nama kelembagaan masyarakat, tentunya mengucapkan terimakasih, wabil khusus kepada warga Padasuka yang telah ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksin. Semoga saja, hari ini yang tahap ketiga, kurang lebih sudah mencapai target 75%, target dari Kelurahan Padasuka, warga sudah di vaksin. Dengan harapan sehat selalu, dan warga diharapkan tetap mengikuti prokes. Salam Sehat,” pungkasnya.

Lurah Padasuka, Muhammad Enoh mengatakan acara vaksin ini merupakan vaksin tahap ke-3 dosis ke-1. Dan sudah dilaksanakan vaksin dalam 3 termin.

Menurut Enoh, yang pada saat itu didampingi oleh Binmaspol dan Babinsa Kelurahan Padasuka, menuturkan, acara ini digelar dari pagi hingga pukul 16.00. Dan kegiatan ini terlaksana berkat kolaborasi Kelurahan, Forum RW, LPM, PKK, dan Karang Taruna yang ada di Padasuka.

“Untuk kedepannya menyisir warga yang belum di vaksin, jadi kemungkinan acara vaksin diadakan lagi, atau bisa ke Puskesmas Padasuka. Jadi kami akan melihat siapa saja dan berapa warga yang belum di vaksin,” kata Enoh.

Enoh menambahkan, mengingat pandemi ini merupakan musibah kita bersama, jadi diharapkan warga menyikapi serta menghadapinya dengan sikap yang arif. Dan warganya diharapkan untuk selalu menjaga protokol kesehatan serta selalu menjaga kesehatan.

“Alhamdulillah, hingga hari ini di Kelurahan Padasuka yang isoman sudah habis, nol persen. Bagi warga yang masih ragu, diharapkan agar mau di vaksin demi kesehatan kita bersama. Dan mudah-mudahan warga Padasuka selalu sehat semua hingga pandemi pun hilang dimuka bumi ini,” tuturnya.

Ketua LPM Kelurahan Padasuka, Adang Hidayat, menjelaskan bahwa acara vaksin itu ditargetkan untuk 1500 warga, namun warga yang daftar ada 700 peserta vaksin.

“Inshaallah, kami selaku Lembaga Pemberdayaan Masyarakat akan selalu berkolaborasi dan bersinergi dengan Kelurahan, PKK, Forum RW serta Karang Taruna, untuk target selanjutnya jika masih banyak warga masyarakat Padasuka yang belum di vaksin,” tutur Adang.

Adang yang juga selaku Ketua Pelaksana dari Kegiatan Vaksin tersebut, memaparkan, Pihaknya selalu berupaya maksimal demi mencapai target vaksinansi bagi warga. Dan hal ini dilakukan agar warganya terhindar atau tidak ada lagi yang terpapar. Serta diharapkan seluruh warga yang ada diwilayahnya selalu sehat.

“Saya berharap masyarakat yang ada diwilayah kami selalu sehat dan tidak ada lagi warga yang terpapar, dan semoga covid-19 ini cepat sirna,” ungkap Adang.

Adang pun mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah membantu terlaksananya acara vaksin ini, diantaranya RW 01 sampai RW 16 dan Ketua Forumnya, ibu-ibu PKK Kelurahan dan PKK unit RW, Karang Taruna RW dan Kelurahan, dan ibu-ibu kader Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), serta semua warganya.

“Saya berdoa dan berharap agar semuanya selalu sehat, sesuai dengan Motto Kelurahan Padasuka, yaitu Padasuka sehat. Saya himbau mari kita di vaksin, mari kita sukseskan program vaksin, agar semuanya terhindar dari virus ini,” tutup Adang. **Yugo, D Yono, Geri dan Yoga**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *