Delegasi Indonesia Tekankan Pentingnya Merawat Solidaritas Anggota OKI Kepada Senior Officials Meeting the 5th Session of ICYSM

JEDDAH, TJI – Telah dilakukan Senior Officials Meeting The 5th Session of ICYSM atau Pertemuan Pejabat Senior persiapan Sidang ke-5 Konferensi Islam Para Menteri Pemuda dan Olahraga Negara Anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) (ICYSM) di Jeddah, Rabu (7/9/) waktu setempat.

Salah satu agenda dalam sidang ini yakni menyiapkan omnibus draf resolusi yang akan dibahas dalam forum ICYSM ke-5 yang digelar pada 7-9 September 2022 dengan tema: “Pembangunan Pemuda dan Olahraga untuk Umat Berbasis Solidaritas”. Pertemuan Tingkat Menteri tersebut akan dipimpin langsung HRH Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal, Menteri Olahraga Kerajaan Arab Saudi.

“Terdapat 74 (tujuh puluh empat) paragraf terkait isu kepemudaan dan 14 (empat belas) paragraf terkait isu keolahragaan yang dibahas. Sebagian besar paragraf diterima, hanya sebagian kecil yang dihapus karena terdapat pengulangan substansi,” kata Sekretaris Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Esa Sukmawijaya,yang juga anggota delegasi Indonesia dalam kegiatan ini.

Adapun substansi resolusi antara lain merujuk pada OIC Charter yang dimandatkan oleh the council of foreign ministers, dengan rujukan antara lain adalah OIC 2025 Program of Action.

Disamping itu, pada Senior Official Meeting ini, Delegasi Republik Indonesia menekankan tentang pentingnya merawat prinsip solidaritas di antara negara anggota OIC, antara lain melalui optimalisasi koordinasi yang dilakukan the OIC General Secretariat.

Delegasi Indonesia juga mengapresiasi OIC, sebagai organisasi yang potensial dan berkinerja sangat baik, sebagaimana terkonfirmasi pada saat sesi pelaporan kegiatannya pada forum tersebut dengan adanya The Statistical, Economic and Social Research and Training Center for Islamic Countries (SESRIC), Islamic Center for Trade Development, The Islamic Solidarity Sports Federation (ISSF), The International Union of Muslim Scouts (IIUMS), The Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF), The Islamic World Educational, Scientific and Cultural Organization (ISESCO), dan Islamic Development Bank (IDB).

“Draf resolusi yang disepakati pada Senior Official Meeting hari ini akan disampaikan pada Ministerial Meeting, tanggal 8 September 2022. Dokumen lain yang disepakati untuk diajukan besok adalah draf Declaration of the 5th Session,” jelas Esa Sukmawijaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *