Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Asian Mini Football Championship I Tahun 2023, Menpora Berikan Apresiasi Kepada Pemerintah Daerah Gorontalo

GORONTALO, TJI – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali menyaksikan penyerahan surat penunjukan Gorontalo sebagai tuan rumah Asian Mini Football Championship I Tahun 2023, di Ballroom Hotel Aston Kota Gorontalo, Jum’at (16/9) malam.

Surat penunjukan diserahkan President Asia Mini Football Confederation (AMFC) Mohammad Hesham Aldousari kepada Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer. Selain penyerahan surat tersebut juga ditandatangani MoU, Komitmen Bersama, dan Launching Logo dan Maskot Asian Mini Football Championship I Gorontalo Tahun 2023.

“Baru saja saya dan kita semua menyaksikan penandatanganan MoU dan juga launching maskot tadi ya dan penyerahan surat dari President Asia Mini Football Confederation tentang ditunjuknya Gorontalo sebagai tuan rumah tahun depan,” ucap Menpora Amali usai acara.

“Yang membanggakan lagi ini menjadi yang pertama di Asia, bahkan tadi dikatakan oleh Presiden AMFC bahwa Gorontalo sebagai lahirnya (kejuaraan) mini football Asia,” tambahnya.

Kepercayaan yang diberikan merupakan sesuatu hal positif yang harus dijaga bersama. Pemerintah pusat akan mensuport dan seluruh Kabupaten/Kota di Gorontalo akan baju membahu menyukseskan.

“Nah ini saya kira menjadi salah satu hal yang sangat bagus dan kepercayaan kepada Gorontalo saya minta dijaga oleh Pak Gubernur dan para Bupati/Walikota supaya bisa melakukan ini dengan baik,” ucapnya.

“Dan terima kasih kepada Ketua Federasi Mini Football Indonesia Pak Andibachtiar Yusuf, tentu atas upayanya sehingga kita bisa ditunjuk sebagai tuan rumah dan kita akan berikan dukungan kepada Provinsi Gorontalo yang akan menyelenggarakan ini tahun depan,” tutupnya.

Ketika launching maskot, Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mengatakan bahwa untuk maskot diambil dari hewan yang unik dan sekarang hanya ada di hutan-hutan Gorontalo yaitu Tarsius. Untuk olahraga tergambar kecepatan melompat, energik, dan bahkan secara penelitian hewan yang setia karena jika pasangannya mati tidak akan mencari pasangan baru lagi.

“Pak Menteri kenapa kita pilih maskot Tarsilo yang artinya Tarsius Gorontalo karena dari sekian kehebatan hewan tersebut adalah unsur kesetiaan,” kata Pj Gubernur Hamka.

“Dan untuk tagline adalah Gorontalo Bisa Olo. Setelah ini akan mulai kita pasang di kendaraan-kendaraan dinas dan kita sosialisasikan maskot dan tagline agar Gorontalo sukses menjadi tuan rumah,” imbuhnya.

Sementara President AMFC Mohammad Hesham Aldousari mengatakan alasan penentuan Gorontalo menjadi tuan rumah gelaran mini football Asia karena dukungan para pejabat negara dan prestasi.

“Kenapa Gorontalo, pertama karena mendapat dukungan dari Pak Menteri Pemuda dan Olahraga, Pak Gubernur dan seluruh pejabat di negara ini dan yang kedua mini football Indonesia saat ini terbaik setidaknya di Asia Tenggara,” kata Hesham.

“Bahkan ada negara lain yang menggoda untuk mengalihkan, saya tetap pada keputusan memilih Gorontalo Indonesia,” jelasnya mantap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *